Tips mengatasi anak yang susah makan

Tips mengatasi anak yang susah makanPara orang tua yang memiliki anak balita pasti kalian pernah dong mengalami dimana anak sedang berada di fase sulit makan, atau mungkin kalian sedang mengalami hal tersebut? pada saat anak sudah berhenti meminum asi ekslusif dan sudah mulai diberikan makanan padat, disitu adalah kondisi dimana anak akan mengenal berbagai macam rasa dari makanan dan minuman. Pada kondisi ini preferensi anak terhadap makanan sudah mulai berkembang, dimana anak kita akan memiliki kemampuan memilih setiap makanan yang dia lebih suka dan makanan yang tidak dia suka. Banyak orang tua yang merasa kebingungan dan mencari cara agar anak tidak susah makan. Pada fase ini biasanya seorang ibu akan merasa sedikit frustasi karena si anak terus-terusan menolak makanan yang diberikan, dan disini juga seorang ibu khawatir bahwa si anak akan kekurangan nutrisi dan memaksa si anak untuk makan dan si anak akan merasa tertekan karena dipaksa makan. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai beberapa cara agar si kecil tidak susah makan, sehingga masalah ini tidak akan terus berlarut-larut.

  1. Biasakan pola makan yang teratur

Untuk mencegah terjadinya susah makan pada anak, salah satu caranya yaitu dengan membiasakan pola makan yang teratur pada anak. Kalian bisa menyediakan makanan dan juga cemilan pada waktu yang sama setiap harinya, walaupun misalnya nantinya anak menolak makanan atau cemilan yang sudah di sediakan, dengan melakukannya secara teratur setiap hari nantinya si kecil akan mengerti dan paham bahwa di setiap harinya di waktu yang sama makanan akan disediakan, dan pada nantinya dia akan meminta makanan dengan sendirinya jika ia merasa lapar. Dan kalian juga sebagai orang tua dapat menanyakan apa yang sedang ingin dia makan dan biarkan sikecil memilihnya sendiri.

  1. Jangan memaksa saat anak sedang tidak mau

Banyak orang tua yang mencoba memaksa anaknya makan saat merek tidak mau makan, ternyata hal tersebut tidak efektif loh. ketika anak menolak untuk makan, cobalah kalian bersikap tenang dan sabar dan tidak memaksanya untuk makan. Tanyakan alasan kenapa si kecil tidak ingin makan dan cobalah alternative lain misalnya dengan menanyakan apakah dia ingin memakan makanan lain. memaksa anak makan saat mereka tidak mau itu hanya akan membuat mereka menjadi kesal dan akan memberikan kesan yang buruk terhadap setiap jadwal makan nantinya.

  1. Memvariasikan menu makanan

Kebanyakan anak biasanya akan cepat bosan dengan makanan yang kita sediakan, salah satu cara untuk mengatasi anak yang susah makan yaitu dengan cara memvariasikan setiap menu makanan yang kita buat. Kita harus mulai belajar kreatif agar si anak tidak cepat bosan. Bukan hanya variasi menunya saja yang bisa di kreasikan, tetapi kalian juga bisa membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik, anak biasanya akan mudah tertarik dengan sesuatu yang memiliki warna-warna yang lucu atau bentuk-bentuk yang mereka kenali. Kalian bisa mengkreasikan makanan dnegan menata nasi dengan bentuk hewan, memotong wortel dengan bentuk yang unik agar anak merasa senang saat sedang waktu makan dan nantinya mereka akan tertarik setiap waktu makan dan pastinya mereka akan menyantapnya dengan lahap karena mereka menyukainya.

Itulah 3 tips mudah yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi anaknya yang sedang dalam fase susah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *