Sahabat Nestle, Ini 8 Rekomendasi Makanan Kaya Mineral yang Menyehatkan

Sahabat Nestle, Ini 8 Rekomendasi Makanan Kaya Mineral yang Menyehatkan

Sahabat Nestle, Anda tentu sudah tahu bahwa mineral merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat utamanya adalah mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Jika kebutuhan mineral tubuh tak tercukupi, tentu saja kesehatan pun akan terganggu. Anda bisa cukupi kebutuhan mineral dengan mengonsumsi 8 makanan kaya mineral berikut ini.

  1. Kacang-kacangan

Makanan kaya mineral yang harus banget Anda stok di rumah adalah kacang-kacangan, misalnya seperti kacang almond. Kacang-kacangan mengandung setidaknya 7 mineral penting bagi tubuh, seperti kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, selenium, zink, dan tembaga. Kacang-kacangan juga memiliki fungsi untuk menyehatkan jantung, serta termasuk dalam camilan yang rendah kolesterol.

  1. Polong-polongan

Sajikan sayur buncis di rumah Anda, untuk mencukupi kebutuhan mineral harian Anda. Buncis setidaknya mengandung 6 jenis mineral penting, yaitu tembaga, zat besi, potasium, fosfor, magnesium, dan zink. Selain buncis, Anda juga bisa mengonsumsi aneka polong-polongan lainnya, seperti kacang hijau dan kacang merah. Aneka polong-polongan juga kaya akan serat dan protein, loh!

  1. Sayuran Hijau

Aneka sayuran hijau seperti sawi, bayam, kubis, dan brokoli, juga dikenal sebagai makanan yang sangat kaya akan mineral. Sayuran ini setidaknya mengandung kalsium, tembaga, zat besi, potasium, magnesium, dan zink. Ragam sayuran hijau juga sangat pas Anda konsumsi saat sedang diet atau menurunkan berat badan, karena rendahnya kandungan kalori yang dimilikinya.

  1. Ikan Salmon

Cukupi asupan mineral harian Anda, dengan mengonsumsi ikan salmon. Daging ikan salmon setidaknya mengandung 5 jenis mineral penting seperti kalsium, potasium, fosfor, magnesium, dan selenium. Ikan salmon juga merupakan makanan kaya protein, serta asam lemak omega 3 yang dikenal bagus manfaatnya untuk otak. Selain salmon, tuna dan makerel juga punya kandungan serupa.

  1. Biji-bijian

Hentikan kebiasaan membuang biji labu yang Anda lakukan selama ini. Olah biji labu sebagai camilan, karena di dalamnya terkandung mineral yang tinggi, seperti tembaga, zat besi, fosfor, selenium, dan zink. Selain biji labu, Anda juga bisa konsumsi biji matahari untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Selain kaya akan mineral, biji-bijian ini juga memiliki kandungan kalori tinggi.

  1. Kerang

Selain nikmat di santap, kerang juga merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan mineral. Mineral yang terkandung dalam daging kerang seperti tembaga, zat besi, fosfor, selenium, dan zink. Selain kaya mineral, daging kerang juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin B12 yang tinggi.

  1. Jamur

Jamur seperti shiitake, portobello, dan cremini, merupakan jenis jamur yang kaya akan mineral. Varian jamur ini mengandung ragam mineral seperti tembaga, potasium, selenium, dan zink. Jamur juga diketahui memiliki kalori yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet, untuk mencapai berat badan ideal.

  1. Yoghurt

Konsumsi yoghurt secara rutin, untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Yoghurt diketahui kaya akan fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium, 4 dari 8 mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain kaya akan mineral, yoghurt juga dapat melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Yoghurt juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan rendah lemak.

Sahabat Nestle, itulah tadi 8 makanan yang direkomendasikan untuk Anda santap, sehingga bisa mencukupi asupan mineral harian yang dibutuhkan tubuh. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein tersebut sesuai porsi yang dianjurkan, agar jadinya tak berlebihan. Anda bisa variasikan penyajian makanan kaya mineral tersebut, agar tak merasa bosan dengan menu yang sama setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *