Apa Saja Jenis Pengetahuan yang Ada Di Dunia?

Apa Saja Jenis Pengetahuan yang Ada Di Dunia?

Pembicaran mengenai pengetahuan selalu disampaikan dalam dunia pendidikan. Namun sesungguhnya apa saja yang termasuk didalamnya dan bagaimana tingkatannya?

Dalam kegiatan belajar mengajar, anak didik selalu ditekankan untuk mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman dapat berupa kegiatan lapangan ataupun pengetahuan baru yang disampaikan didalam kelas. Walaupun telah banyak dibicarakan, tidak banyak yang memahami makna knowledge yang sesungguhnya. Sehingga banyak kesalahpahaman yang terjadi dalam pemaknaannya. Jika demikian, apakah makna sesungguhnya? Lalu, bagaimana dengan jenis dan cara mendapatkannya?

Apa Itu Pengetahuan?

Berbicara tentang wawasan, tidak lepas dari pembicaraan tentang ilmu. Keduanya memiliki kaitan erat, walaupun memiliki makna berbeda. Wawasan merupakan hasil tahu manusia terhadap sesuatu atau atas segala perbuatan manusia untuk memahami suatu obyek tertentu. Pengetahuan bentuknya beragam, dapat berwujud barang fisik yang pemahamannya dipersepsi dengan indera ataupun akal.

Knowledge di dunia terdiri dari empat bagian. Namun seiring berjalannya waktu, jenis knowlede akan berubah. Karena keadaan semakin modern dan penemuaan ilmu dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, dalam menemukan knowledge harus mencarinya secara mendalam. Sehingga, terus ditemukan kebaruan yang dapat diperkenalkan dan disebarluaskan pada dunia luar.

Jenis Wawasan

Menurut seorang peneliti, Burhanuddin Salam, knowledge yang dimiliki manusia terdiri dari empat bagian. Keempat jenis tersebut dapat disimak dalam ulasan berikut ini:

1. Ilmu

Seperti dijelaskan sebelumnya, kaitan knowledge dengan ilmu sangatlah berkaitan. Dalam berbagai kesempatan, keduanya selalu dikaitkan. Keduanya bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti observasi, klasifikasi dan eksperimen. Analisis ini dibuat dengan obyektif tanpa mengesampingkan unsur pribadi dan mengutamakan pemikiran logika.

2. Agama

Berbeda dengan jenis sebelumnya, agama diperoleh dari Tuhan melalui utusan-Nya. Agama dengan pengetahuannya wajib diyakini dan dipeluk oleh seluruh pemeluk agama. Didalamnya terdapat beberapa hal pokok, seperti ajaran tentang cara berhubungan dengan Tuhan (hubungan vertikal) ataupun cara berhubungan dengan sesama manusia (hubungan vertikal).

3. Filsafat

Satu lagi jenis knowledge yang dapat dipelajari adalah filsafat. Filsafat diperoleh melalui pemikiran yang bersifat spekulatif dan kontemplatif. Filsafat menekankan pada kedalaman kajian dan universalitas. Dalam pembahasan, filsafat melakukannya secara mendalam dan luas. Sehingga knowledge yang dihasilkan adalah kritis dan reflektif.

4. Common Sense 

Terakhir, adalah knowledge yang banyak dikatakan sebagai common sense. Banyak pula yang mengenalnya sebagai good sense karena seseorang dapat menerimanya dengan baik. Jenis ini banyak diterima di keluarga ataupun sekolah. Bila telah diteliti secara mendalam akan termasuk dalam jenis filsafat atau knowledge jenis lainnya.

Walaupun jenisnya beragam, bukan tidak mungkin anda dapat menemukan seluruh jenis pengetahuan secara bersamaan. Hal ini sangat lumrah ditemukan di masyarakat, utamanya dalam masa-masa pendidikan. Semakin banyak knowledge yang dimiliki, semakin besar kesempatan untuk berguna bagi orang lain. Karenanya, teruslah belajar untuk dapat berbagi dengan orang di sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *