5 Tanda-Tanda Melahirkan yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil

5 Tanda-Tanda Melahirkan yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil

Apabila sudah melewati trimester terakhir, pasti rasa deg-degan untuk melahirkan bagi Ibu hamil pasti ada. Meskipun Anda tidak akan mengetahui secara pasti tentang proses persalinan termasuk berapa lama waktunya, Anda tidak perlu merasa takut atau mengkhawatirkan hal tersebut. Anda bisa mengenali tanda-tanda melahirkan agar bisa mempersiapkan. Ini dia informasi lengkapnya.

1. Diare

Apabila Anda hendak melahirkan, Anda akan merasakan rasa mulas layaknya diare. Akhirnya Anda memutuskan untuk berada di kamar mandi dan menunggu untuk buang air besar. Hal ini dikarenakan adanya produksi prostaglandin yang dapat menstimulasi tubuh untuk sering buang air besar.

Tidak jarang di beberapa kasus Ibu melahirkan terjadi insiden pelepasan feses selama persalinan normal. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa petugas medis yang siap membantu untuk mengatasi hal ini. Oleh karena itu, apabila Anda sering mengalami hal ini, Anda harus bersiap-siap menuju ke rumah sakit untuk melakukan persalinan.

2. Tubuh Menggigil

Tanda berikutnya yang biasa dirasakan adalah tubuh yang terasa menggigil. Meskipun Anda tidak merasakan demam layaknya orang sakit, tubuh Anda akan terasa berbeda daripada sebelumnya. Jika sudah mengalami hal seperti ini, biasanya bayi di dalam perut sudah bersiap untuk keluar. Oleh karena itu, segeralah ke rumah sakit atau menemui petugas medis untuk ditindaklanjuti.

3. Bernafas Lebih Ringan

Secara umum, apabila Anda mendekati proses persalinan Anda bisa bernafas lebih ringan daripada saat mengandung pada trimester kedua. Hal ini dikarenakan bayi telah turun dan masuk lebih dalam ke panggul serta tekanan pada diafragma pun telah hilang. Sekalipun Anda bisa bernafas lebih ringan daripada biasanya, Anda akan merasakan tekanan pada kandung kemih. Hal ini akan membuat Anda lebih sering merasakan ingin buang air kecil ke kamar mandi.

4. Kontraksi

Tanda yang paling terasa bagi Anda yang hendak melahirkan adalah rasanya nyeri atau kontraksi yang begitu hebat. Biasanya kontraksi ini bisa Anda rasakan kurang lebih selama 30 menit bahkan ada yang lebih. Selain itu, rasa nyeri yang dirasakan pada saat ini terasa ke bagian semua badan Ibu hamil. Terkadang dari perut depan, perut bagian bawah, hingga ke punggung.

5. Ketuban Pecah

Apabila Anda merasakan keinginan untuk buang air kecil terus menerus Anda harus hati-hati. Pasalnya, air kencing tersebut bisa merupakan tanda-tanda dari pecahnya ketuban. Namun, pecahnya ketuban ini juga bisa didahului dengan adanya kontraksi yang kuat dan hebat.

Apabila Anda sudah merasakan kontraksi dan adanya rasa ingin terus menerus segera konsultasikan dengan dokter agar diperiksa lebih lanjut. Bisa jadi Anda sudah mengalami pembukaan yang Anda sendiri tidak menyadari akan hal tersebut.

Nah itulah beberapa informasi mengenai tanda-tanda melahirkan yang bisa Anda pelajari dan perhatikan pada diri Anda. Ada baiknya Anda sudah bersiap-siap untuk membawa peralatan dan perlengkapan untuk menanti buah hati di rumah sakit. Apabila sewaktu-waktu tanda-tanda tersebut lebih terasa intensitasnya, Anda pun bisa langsung menuju ke rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *